Bisnis Tusuk Sate kokoh seperti ayam kampung

Bisnis Tusuk Satekokoh seperti ayam kampung


Bagaimana membangun bisnis kokoh seperti ayam kampung?
1.       Ayam broiler : butuh waktu 3-4 minggu untuk mencapai berat 1,5 kg
2.       Ayam kampung : butuh waktu 40-60 minggu untuk mencapai berat 1,5 kg
Perbedaannya adalah :
1.       Ayam broiler: ketika ada hujan, petir dia langsung stress, kalau sudah stress dia gampang mati karena apa? dia tumbuh secara tidak alami, dipaksa besar,  masih bayi tapi sudah di inject supaya badannya besar, jiwanya masih TK tapi badannya kayak anak kuliahan, jadi berdiri tegak pun tidak bisa karena badanya kebesara jiwanya masih rapuh.
2.       Ayam kampung : ketika ada hujan, petir dia biasa, cukup dengan berteduh, ketika hujan redah dia keluar lagi dan seger lagi. Karena apa? Dia tumbuh secara alami, butuh waktu lama untuk menjadi besar tapi dia bisa survive ketika ada goncangan petir hujan, dia kokoh dan bertahan.
Analogi diatas sama seperti sebuah bisnis. Contoh kasus :
Ada teman, punya beberapa set mesin tusuk sate, 2 mesin potong bambu, 2 mesin pemecah, 2 mesin penipis, 3 mesin cacah dan penipis, 4 mesin tulup, 3 mesin slicer, 2 mesin poles, 3 mesinperuncing,  langsung banyak padahal semua modal dia dapat sebagian besar dari pinjaman bank, maka ketika usahanya adagoncangan, misal :Trobel pada mesin, market sepi,  kelambatan produksi, ditinggal pegawai, bahan baku kosong, uang macet belum kebayar sama konsumen, dll, padahal jaminan tiap bulan angsuran ke bank adalah pasti, maka dia akan disibukkan bagaimana mencicil bank, pikirannya kesita bagaimana untuk menangani bank, belum lgi kalu tidak bisa bayar, aset kesita bahkan rumah  ikut kejual. Ini contoh bisnis cepat besar tapi rapuh.
Beda kalau dia beli beberapa dulu, dari modal sendiri, atau beli cash, ketika ada profit dia tabung lagi terus ditabung dibelikan mesin lagi, dijalankan ada profit ditabung lagi dan seterusnya,  maka ketika ada goncangan dia kuat, kokoh, kenapa? Tidak ada beban dengan pinjaman.  Lambat tapi kuat kokoh dan survive.
Jadi sekarang kita mulai belajar berfikir, “Bisnis lambat tidak apa2 yang penting kuat dan survive, jangan berfikir cepat besar tapi rapuh dan goncang”.



Langkah strategis apa yang seharusnya bagi pengusaha tusuk sate pemula:
Mengingat banyak kegagaln yang dialami kawan2 perajin tusuk sate.
Tahapannya adalah:

1.       Level 1 : Jadilah distributor dulu/sebagai marketer, cari pasar dlu, level ini terbilang aman

2.       Level 2 : Belilah Peruncing dulu, anda bisa beli bahan setengah jadi yang sudah poles dari para supplier, banyak juga yang menyediakan bahan setengah jadi yang sudah poles, anda tinggal meruncing saja, level ini juga cenderung masih aman.

3.       Level 3 : Beli mesin poles, setelah anda puya peruncing dan berhasil, anda bisa menabung untuk beli mesin poles tusuk sate, maka anda tinggal beli bahan setengah jadi yang belum poles, banyak juga penyediabunduhan yang belum poles, level ini juga relatif aman resiko masih kecil.

4.       Level 4 ; setelah level 1,2,dan 3 berhasil, maka anda boleh mencoba level 4, yaitu produksi dari awal hingga akhir, mulai dari pemotong dan pencetak lidi tusuksate, ini level yang agak berat, syarat kunci keberhasilannnya adalah di pencetak lidinya, ini tahapan yang sangat sulit banyak yang gagal di level ini, banyak faktor kegagalan yang mempengaruhinya, mesin pencetak ini ada 3 macam, Mesin Tulup, mesin slicer dan mesin sodok, masing2 punya kelebihan dan kekurangan masing2, belajarlah pada orang yang telah berhasil disalah satu pengguna mesin tsbt. Punya ketiganya juga lebih bagus sebagai perbandingan.  


Catatan : Kebanyakan masyarakat umum kebalik bermain levelnya, rata2 langsung meloncat ke level 4 akhirnya juga banyak yang jatuh, ini bisa dijadikan bahan perhatian bagi pemula.  Banyak yang beli potong bambu dan pencetaknya dulu, kemudian beli poles, dan terakir beli peruncing ini bisa dikatakan kebalik, sama aja level berat dlu trs ke level mudah, harusnya di level mudah dulu baru ke level berat.
Hal ini berlaku karena saat ini sudah banyak sekali yang penjual bunduhan.
Semoga bermanfaat!!!!


Salam sukses,
 

Komentar

Postingan Populer

JUAL SPAREPART MESIN TUSUK SATE

Mengapa Pengusaha tusuk sate banyak yang gagal?

PRODUKSI TUSUK SATE

MESIN PRODUKSI JAMUR TIRAM